Repository Universitas Andalas

TINGKAT PENGETAHUAN APARAT KEPOLISIAN TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 (STUDI KASUS DI POLTABES PADANG)

Novaria, Meris (2010) TINGKAT PENGETAHUAN APARAT KEPOLISIAN TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 (STUDI KASUS DI POLTABES PADANG). Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (TINGKAT PENGETAHUAN APARAT KEPOLISIAN TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 (STUDI KASUS DI POLTABES PADANG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539Kb) | Preview

Abstract

Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk yang masih dalam kandungan ibunya, yang merupakan amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, memiliki harkat, martabat serta hak-hak sebagai manusia yang harus dihormati. Anak merupakan tunas, potensi serta generasi penerus cita-cita bangsa. Anak yang merupakan potensi dan sumber daya manusia bagi pembangunan nasional, memerlukan pembinaan dan perlindungan terhadap anak sekaligus terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana. Kehadiran Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dianggap sebagi pedoman bagi kepolisian dalam menyikapi kasus anak bermasalah dan peran aktif kepolisian, dalam memahami dan menyikapi akan Undang-Undang tersebut kepolisian harus lebih cenderung dalam menggunakan akan Undang-Undang ini. Dan dengan adanya Undang-Undang perlindungan Anak ini dapat memberikan kepentingan terbaik bagt anak juga memperhatikan masa depan anak. Adapun yang dibahas yaitu: bentuk pemahaman aparat kepolisian dalam memahami tujuan dari Undang- Undang No. 23 tahun 20A2, dan bentuk pelaksanaan dari aparat keppotisian pada Poltabes Padang dalam mewujudkan Undang-Undang No. 23 tahun 2002 terhadap anak yang bermasalah dengan hukum serta kendala yang dihadapi dalam mewujudkan Undang-Undang tersebut. Metode penelitian ini bersifat deskripif dengan pendekatan masalah secara yuridis sosiologis, dimana menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, dan wawancara semi terstrukfur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 09 Jun 2011 01:29
Last Modified: 09 Jun 2011 01:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item