Repository Universitas Andalas

GUGATAN DERIVATIF OLEH KOPERASI KELUARGA BESAR SEMEN PADANG (KKSP) SEBAGAI PEMEGANG SAHAM MINORITAS TERHADAP PT. SEMEN PADANG (Studi pada PT. Semen Padang di Kota Padang)

Sriladita, Ririn (2009) GUGATAN DERIVATIF OLEH KOPERASI KELUARGA BESAR SEMEN PADANG (KKSP) SEBAGAI PEMEGANG SAHAM MINORITAS TERHADAP PT. SEMEN PADANG (Studi pada PT. Semen Padang di Kota Padang). Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (GUGATAN DERIVATIF OLEH KOPERASI KELUARGA BESAR SEMEN PADANG (KKSP) SEBAGAI PEMEGANG SAHAM MINORITAS TERHADAP PT. SEMEN PADANG (Studi pada PT. Semen Padang di Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (590Kb) | Preview

Abstract

Pemegang saham dalam Perseroan dapat dikategorikan berdasarkan komposisi jumlah kepemilikan sahamnya, maupun hak yang dimilikinya menjadi pemegang saham mayoritas dan pemegang saham minoritas. Kategori yang paling sering dipakai untuk membedakan pemegang saham dalam Perseroan adalah, berdasarkan jumlah kepemilikan sahamnya. Selain berdasarkan jurnlah kepemilikan sahamnya, yang membedakan pemegang saham mayoritas dengan minoritas adalah kemampuan untuk mengendalikan Perseroan, dimana pemegang saham minoritas dianggap tidak dapat mengontrol perseroan dan tidak dapat memilih Direksi. Meskipun secara komposisi pemilikan sahamnya tergolong kecil atau minoritas, namun ia dapat mengendalikan jalannya Perseroan. Untuk mengatasi kenCala ini, diciptakan apayang disebut sebagai gugatan derivatif, yaitu hak yang diberikan atau dimiliki oleh pemegang saham minoritas agar dapat melakukan tindakan organ lainnya dalam perseroan bila kepentingan perseroan dirugikan. Perkembangan dan pengakuan terhadap doktrin gugatan derivatif, dalam sejarah hukum perseroan sangat evolutif. Bermula dari rasa tidak puas terhadap prinsip hukum perseroan yang umum, dimana banyak direksi yang dapat mewakili perseroan di Pengadilan, sementara kewenangan tersebut tidak dimiliki oleh pemegang saham, maka dalam sejarah hukum dicoba dicari metode alternatil yang akhirnya terwujud dalam gugatan derivatif . Penelitian ini membahas mengenai bentuk pelaksanaan gugatan derivatif dari koperasi keluarga besar semen padang (KKSP) sebagai pemegang saham minoritas terhadap PT. Semen Padang, kedudukan pemegang saham minoritas dalam RUPS dan bagaimana bentuk pelindungan hukum terhadap pemegang saham minoritas tersebut menurut UU Nomor 40 Tahun 2007 di PT. Semen Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 09 Jun 2011 21:21
Last Modified: 09 Jun 2011 21:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item View Item