Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM KETENAGAKERJAAN DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN PELALAWAN

HANDAYANI, DEWI (2008) PERLINDUNGAN HUKUM KETENAGAKERJAAN DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN PELALAWAN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM KETENAGAKERJAAN DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN PELALAWAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (859Kb) | Preview

Abstract

Memasuki era globalisasi dewasa ini, dalam proses industrialisasi mutlak diperlukan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di pasar global. Permasalahannya, bagi negara-negara berkembang masih menghadapi kendala banyaknya tenaga kerja berkualitas rendah sehingga industrialisasi lebih diwarnai pada proyek padat karya dengan upah yang rendah dan cenderung mengabaikan hak-hak normatif para pekerja. Akibatnya sering terjadi perselisihan hubungan industrial sebagai wujud ketidak harmonisan antara pengusaha dan pekerja yang bertolak dari perselisihan hak dan perselisihan kepentingan yang berakhir pada terjadinya pemutusan hubungan kerja. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial telah memberikan tata cara penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan tidak menghendaki terjadinya pemutusan hubungan kerja. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penyelesaian perselisihan hubungan industrial antara pekerja dan pengusaha di Kabupaten Pelalawan dan apakah penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Pelalawan telah memberikan perlindungan hukum bagi tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hukum
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 09 Jun 2011 21:22
Last Modified: 04 Oct 2011 03:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item