Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA DALAM PERJANJIAN KREDIT ANGSURAN SISTIM FIDUSIA (KREASI) DI PERUM PEGADAIAN CABANG SOLOK

Aermadepa, Aermadepa (2008) PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA DALAM PERJANJIAN KREDIT ANGSURAN SISTIM FIDUSIA (KREASI) DI PERUM PEGADAIAN CABANG SOLOK. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA DALAM PERJANJIAN KREDIT ANGSURAN SISTIM FIDUSIA (KREASI) DI PERUM PEGADAIAN CABANG SOLOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335Kb) | Preview

Abstract

Latar Belakang penulis tertarik untuk untuk membuat thesis ini sebagai sebuah karya tulis adalah bahwa dalam praktek pelaksanaannya tidak semua jaminan fidusia yang dibuat untuk kredit angsuran dengan sistem Fidusia (kreasi) pada Perum Pegadaian Cabang Solok dilaksanakan sesuai dengan aturan perundang-undangan jaminan fidusia. Yaitu tidak sesuai dengan aturan dibuatkan alcta jaminan fidusianya secara notariil akta dan tidak didaftarkan pada Kantor Pendaftaran Fidusia. Padahal secara tegas Undang-undang jaminan Fidusia mewajibkan hal-hal tersebut. Jaminan Fidusia baru dianggap ada dan sah setelah didaftarkannya akta jaminan fidusia tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengemukakan tiga masalah dalam penulisan ini yakninya Apakah terdapat kesesuaian atau ketidaksesuaian antara aturan perundang undangan jaminan fidusia dengan pelaksanaannya di Perum pengadilan cabang Solok ?Jika tidak sesuai antara nonna dengan pelaksanaannya, apakah faktor- faktor penyebabnya ? serta Bagaimanal�tr penyelesaian kredit bermasalah dengan jaminan fidusia pada lcedit angsuran sistim fidusia (kreasi) di perum pengadilan Cabang Solok ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesesuaian atau tidak ketidaksesuaian antara atufan perundang-undangan jaminan fidusia dengan pelaksanaannya di Perum Pegadaian Cabang Solok, bila tidak sesuai, untuk mengetahui fbktor-faktor penyebab ketidak-sesuaian tersebut. Dan untuk mengetahui cara-cara penyelesaian kredit bermasalah yang dijamin dengan jaminan fidusia pada kr�dit angsuran sistim fidusia (kreasi) di perum pegadaian Cabang Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris atau sosisologis (soclo legal research). Dan kerangka teoritis mememuat teori-teori tujuan hukum, serta teori pluralisme hukum yang merumuskan bahwa keanekaragaman sistim hukum, yaitu sistim hukum nasionaln sistim hukum adat dan hukum islam atau yang mengacu pada adanya lebih dari satu sistim hukum secara bersama-sama berada dalam lapangan sosial (masyarakat) yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 09 Jun 2011 21:21
Last Modified: 05 Oct 2011 04:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item