Repository Universitas Andalas

ANALISIS PERISAI RADIASI SINAR-X PADA RUANG PENYINARAN RADIODIAGNOSTIK RSUD Dr. ADNAAN W.D. PAYAKUMBUH.

YONDRI, YONDRI (2008) ANALISIS PERISAI RADIASI SINAR-X PADA RUANG PENYINARAN RADIODIAGNOSTIK RSUD Dr. ADNAAN W.D. PAYAKUMBUH. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PERISAI RADIASI SINAR-X PADA RUANG PENYINARAN RADIODIAGNOSTIK RSUD Dr. ADNAAN W.D. PAYAKUMBUH. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (296Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan analisis untuk menentukan ketebalan perisai radiasi sinar-X pada ruang penyinaran radiology RSUD Dr. Adnaan W.D Payakumbuh. Analisis yang dilakukan dibedakan atas dua jenis yaitu analisis terhadap perisai radiasi primer dan analisis terhadap perisai radiasi sekunder. Perisai radiasi primer adalah perisai yang berada di depan pesawat sinar-X yang dinamakan dinding A. Selain perisai radiasi primer merupakan perisai radiasi sekunder yang terdiri dari dinding B di sebelah kiri pesawat, dinding C di belakang pesawat, diniding D di sebelah kanan pesawat dan langit-langit. Hasil perhitungan diperoleh berdasarkan papaftm radiasi mingguan yang dikeluarkan pesawat sinar-X. Dari hasil perhitungan, untuk perisai radiasi primer diperlukan ketebalan beton minimal sebesarl3 cm, sedangkan untuk perisai radiasi sekunder yang berfungsi untuk menahan radiasi bocoran dan radiasi hamburan, diperlukan beton minimal setebal 7 cm sampai dengan 11 cm. Dengan membandingkan hasil pengukuran dan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa perisai radiasi sinar -X pada ruang penyinaran radiodiagnostik RSUD Dr. W.D. Payakumbuh sudah memenuhi syarat keselamatan proteksi radiasi .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 09 Jun 2011 21:21
Last Modified: 12 Oct 2011 02:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item