Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT INVESTASI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PADA PT BANK X (Persero) Tbk CABANG PADANG

Fitriyani, Lusy (2008) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT INVESTASI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PADA PT BANK X (Persero) Tbk CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT INVESTASI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PADA PT BANK X (Persero) Tbk CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (588Kb) | Preview

Abstract

Sektor UKM, merupakan komponen penting bagi upaya pemberdayaan ekonomi rakyat. Ini terbukti bahwa sektor UKM secara potensial mempunyai modal sosial untuk berkembang wajar dan bertahan pada semua kondisi, relatif mandiri karena tidak tergantung pada dinamika sektor moneter secara nasional. Bahkan mempunyai potensi yang besar menyerap tenaga kerja penyumbang devisa penghasil berbagai barang murah dan terjangkau oleh kekuatan ekonomi rakyat dan distribusinya menyebar luas. Usaha kecil merupakan bagian integral dari dunia usaha nasional yang mempunyai kedudukan, potensi dan peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Upaya pemerintah untuk memberdayakan sektor UKM terlihat dari beberapa kebijakannya. Untuk mengoptimalkan pengelolaannya pemerintah juga telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk menjembatani kesenjangan informasi dan kepentingan antara perbankan dan UKM. Satgas ini bertugas antara lain, melakukan standarisasi dan seleksi terhadap konsultan keuangan mikro, kecil, dan menengah yang akan bermitra dengan banlc, menyelenggarakan pelatihan kepada konsultan keuangan UKM dan memantau realisasi kredit UKM. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM berperan menjadi sarana penunjang bagi produsen maupun konsumen dalam melakukan transaksi bisnis dan meningkatkan jaringan usaha. Permaslahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan perjanjian kredit usaha kecil menengah pada PT Bank X (Persero) Tbk. Cabang Padang, (2) apa saja hambatan yang dialami oleh PT Bank X (Persero) Tbk Cabang Padang dalam pelaksanaan perjanjian kredit ukm ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode yuridis sosiologis (empiris), yaitu suatu penelitian yang menggunakan metode pendekatan terhadap masalah dengan melihat norma hukum yang berlaku dihubungkan dengan fakta- fakta yang terdapat di lapangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan perjanjian kredit investasi ukm pada PT Bank X (Persero) Tbk. Cabang Padang tidak berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan ditemui beberapa hambatan, diantaranya agunan yang diberikan oleh debitur milik pihak ketiga dan debitur mengalami tunggakan pembayaran kredit. Untuk hal ini, pihak bank menyarankan kepada debitur untuk membalik namakan agunan atas nama Debitur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 09 Jun 2011 21:21
Last Modified: 07 Oct 2011 07:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item