Repository Universitas Andalas

Konflik Kejiwaan Tokoh Alina dalam Novel Kepribadian Alina Karya Suminaring Prasojo Tinjauan Psikologi Sastra

EVAWATI, EVAWATI (2010) Konflik Kejiwaan Tokoh Alina dalam Novel Kepribadian Alina Karya Suminaring Prasojo Tinjauan Psikologi Sastra. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (Konflik Kejiwaan Tokoh Alina dalam Novel Kepribadian Alina Karya Suminaring Prasojo Tinjauan Psikologi Sastra) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (534Kb) | Preview

Abstract

Novel Kepribadian Alina karya Suminaring Prasojo, mengisahkan tokoh utama seorang perempuan yang bernama Alina. Alina mengalami gangguan stres akibat masa lalunya yang buruk. Peristiwa-peristiwa yag dihadapinya mengakibatkan Alina mengalami penyimpangan prilaku. Hal inilat yung menjadi latar belakang penulis mengkaji novel Kepribadian Alina, dengan melihat apa saja gejala kejiwaan tokoh Alina yang menyebabkan penyimpangan prilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan psikologi Sastra. Penelitian ini berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud dan psikologi Abnormal Gerald C. Davison ditunjang dengan analisii intrinsik untuk membantu dalam analisis psikologi terhadap karya. Metode yang digunakan dalam karya adalah metode kualitatif yang menghasilkan data tertulis dari peristiwa yung dialami tokoh dalam novel ini. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data menganalisis data dan menyajikan data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 12 Jun 2011 22:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item