Repository Universitas Andalas

TINDAK TUTUR MAAF 'SHAZAI NO KOTOBA' PADA SERIAL DRAMA ARIFURETA KISEKI: (TINJAUAN SOSIOPRAGMATIK)

IBSIANI, RISE (2010) TINDAK TUTUR MAAF 'SHAZAI NO KOTOBA' PADA SERIAL DRAMA ARIFURETA KISEKI: (TINJAUAN SOSIOPRAGMATIK). Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (TINDAK TUTUR MAAF 'SHAZAI NO KOTOBA' PADA SERIAL DRAMA ARIFURETA KISEKI: (TINJAUAN SOSIOPRAGMATIK)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492Kb) | Preview

Abstract

Tindak tutur maaf dalam batrasa Jepang disebut shazai no kotoba. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan ragam tindak tutur maaf dalam bahasa Jepang pada serial drama Arifureta Kiseki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini, pada tahap pengumpulan data peneliti menggunakan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap, pada tahap analisis data digunakan metode padan referensial, metode padan pragmatis dan metode padan tranlasional, sedangkan pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode formal dan informal. Teori yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Austin dan Searle, teori kesantunan oleh Leech dan Kasper, teori ragam bahasa oleh Mc David, serta teori etnografi komunikasi (SPEAKING ) yang dikemukan oleh Hymes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 12 Jun 2011 22:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item