Repository Universitas Andalas

PENGARUH PERENDAMAN DAN PENCUCIAN SEDIAAN MEDIA SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleorotus ostreatus L.)

Yusandra, Cici (2008) PENGARUH PERENDAMAN DAN PENCUCIAN SEDIAAN MEDIA SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleorotus ostreatus L.). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PERENDAMAN DAN PENCUCIAN SEDIAAN MEDIA SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleorotus ostreatus L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (598Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang "Pengaruh Perendaman dan Pencucian Sediaan Media Serbuk Gergaji Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.) dari bulan April sampai bulan Juni 2010 di Kebun Tumbuhan Obat (KTO) Universitas Andalas Padang. Penelitian ini dilakukan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Yaitu kontrol (tanpa perendaman dan pencucian), 1 hari perendaman dengan pencucian, 2 hari diselingi pencucian, 3 hari perendaman diselingi pencucian, perendaman dengan air panas mendidih dengan pencucian, dan pencucian dengan air keran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama pertumbuhan vegetatif tercepat (16,00 hari), rata-rata diameter tudung buah terlebar (9,65 cm) dan berat basah tubuh buah tertinggi (84,9925 g) dicapai pada perlakuan perendaman dengan air panas mendidih dengan pencucian. Lama pertumbuhan vegetatif terlama adalah perlakuan pencucian dengan air keran (17,75 hari), rata-rata diameter tudung buah terkecil adalah perlakuan 1 hari perendaman dengan pencucian (5,7 cm), dan berat basah tubuh buah terendah adalatr perlakuan 1 hari perendaman dengan pencucian (5,0675 g).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 12 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item