Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Desentralisasi Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Kota Sawahlunto (Studi Kasus Pelaksanaan MBS Pada Jenjang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto)

Hidayat, Novendra (2008) Pelaksanaan Desentralisasi Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Kota Sawahlunto (Studi Kasus Pelaksanaan MBS Pada Jenjang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Desentralisasi Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Kota Sawahlunto (Studi Kasus Pelaksanaan MBS Pada Jenjang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (812Kb) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan menekankan peran lebih Pemerintah Kota/Kabupaten dalam pengelolaannya. Peran Pemerintah Kota/Kabupaten ini sendiri menjadi penting mengingat prinsip desentralisasi pendidikan dikuatkan dengan keberadaan aturan hukum seperti UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, meletakkan Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara utama satuan pendidikan. Penyelenggaraan otonomi daerah dalam hal desentralisasi pendidikan ini menghendaki pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik, dan pembangunan daerah juga dapat lebih terarah dengan semakin baiknya sumber daya daerah yang ada. Di Kota Sawahlunto, dalam hal pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai wujud pelaksanaan desentralisasi dalam pengelolaan pendidikan terlihat masih belum dilaksanakan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Teknik Pertanian
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 05 Oct 2011 09:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item