Repository Universitas Andalas

THE REFLECTION IF SYLVIA PLATH'S ANXIETIES ON ESTHER GREENWOOD AS THE MAIN CHARACTER IN THE BELL JAR

SIMANULLANG, AGUSTINA (2010) THE REFLECTION IF SYLVIA PLATH'S ANXIETIES ON ESTHER GREENWOOD AS THE MAIN CHARACTER IN THE BELL JAR. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (THE REFLECTION IF SYLVIA PLATH'S ANXIETIES ON ESTHER GREENWOOD AS THE MAIN CHARACTER IN THE BELL JAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (512Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kecemasan-kecemasan yang dialami oleh Sylvia Plath sebagai pengarang, yang mana kecemasan tersebut direfleksikan melaui karakter Esther Greenwood sebagai tokoh utama dalam novel The Bell Jar. Esther Greenwood digambarkan mengalami berbagai kecemasan yang disebabkan oleh kegagalannya dalam mewujudkan obsesi unfirk menjadi wanita yang sempurna, baik dalam berkarir maupun dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis. Akibat dari kegagalan tersebut Esther Greenwood mengambil tindakan yang ekstrim, menolak semua bentuk kesadaran dan kewajaran manusia. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode studi kepustakaan. Untuk menganalisa permasalahan yang ditemukan, penulis menggunakan pendekatan ekspresif, didukung dengan teori psikologi sastra yang dikemukakan oleh Sigmund Freud. Ini untuk membuktikan bahwa kecemasan yang dialami oleh Esther Greenwood dalam novel merupakan refleksi dari kecemasan Sylvia Plath sendiri sebagai pengarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena itu metode penyajian data yang digunakan adalah metode deskriptif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 12 Jun 2011 22:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item