Repository Universitas Andalas

NOVEL MADOGIWA NO TOTTO CHAN KARYA TETSUKO KUROYANAGI DI KALANGAN PENDIDIK TINJAUAN RESEPSI SASTRA

DONA, ALMIZA (2010) NOVEL MADOGIWA NO TOTTO CHAN KARYA TETSUKO KUROYANAGI DI KALANGAN PENDIDIK TINJAUAN RESEPSI SASTRA. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF ( NOVEL MADOGIWA NO TOTTO CHAN KARYA TETSUKO KUROYANAGI DI KALANGAN PENDIDIK TINJAUAN RESEPSI SASTRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497Kb) | Preview

Abstract

Novel Madogiwa No Totto-chan mampu memberi motivasi dan inspirasi bagi pembaca dari semua kalangan, khususnya yang menggeluti dunia pendidikan. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian mengenai respon para guru selaku pendidik mengenai novel tersebut dan pengaruhnya terhadap diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan kepustakaan. Sebelum respoilden mengisi kuesioner, responden diminta unfuk membaca novel terlebih dahulu. Responden penelitian adalah guru-guru yang mengajar di SD 0l Sawahan dan SD 53 Kuranji padang yang dari masing-masing sekolah dasar berjumlah tujuh orang. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa respon guru-guru terhadap novel Madogiwa No Totto-chan ini sangat positif. Responden menyatakan bahwa novel tersebut sangat bagus dan mendidiko serta sangat cocok dengan dunia yang mereka tekuni. Novel ini juga berpengaruh terhadap diri mereka dimana paru responden menjadi lebih terbuka dan lebih memahami murid-murid serta memperlakukan murid-muridnya dengan lebih baik. Tokoh Kobayashi, merupakan tokoh yang paling memberi inspirasi bagi para responden. Beberapa responden mencoba menerapkan cara yang dilakukan oleh Kobayashi terhadap muridnya. Hasilnya" proses pendidikan mereka berjalan dengan lebih baik. Selanjutny4 dengan hadirnya bacaan yang baik dan berkualitas seperti novel Madogiwa No Totto-chan, mereka berharap kualitas sosok pendidik di Indonesia lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:22
Last Modified: 12 Jun 2011 22:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item View Item