Repository Universitas Andalas

Pengaruh Kompos Alang-Alang terhedap Beberapa Padi Beras Merah Lokal (Oryza sativa L) Sumatera Barat pada Tanah Keya Fe

Yosrini, Novia (2008) Pengaruh Kompos Alang-Alang terhedap Beberapa Padi Beras Merah Lokal (Oryza sativa L) Sumatera Barat pada Tanah Keya Fe. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kompos Alang-Alang terhedap Beberapa Padi Beras Merah Lokal (Oryza sativa L) Sumatera Barat pada Tanah Keya Fe) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366Kb) | Preview

Abstract

Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan produksi padi nasional khususnya wilayah di luar Jawa adalah pencetakan sawah baru di daerah- daerah pengembagan yang berpotensi irigasi. Namun, berbagai persoalan muncul pada sawah-sawah bukaan baru tersebut, terutama masalah keracunan besi (Fe) dan defisi´┐Żnsi hara fosfor (P). Jika pada tanah sawah Yang sudah lama dikelola tidak terjadi lagi kenaikan hasil (leveling off), maka pada sawah bukaan baru 2 - 5 tahun) lebih terfokus pada gangguan kelarutan besi yang sangat tinggi (gangguan serapan hara di akar). Ketersdiaan hara dalam tanah ikut memperpah situasi yang diakibatkan oleh tingginya kelarutan besi tersebut. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kelarutan Fe adalah dengan mengendapkan Fe larut melalui pengelolaan air, penambahan bahan organik dan pemakaian varietas yang toleran. Pemberian bahan orgaik dalm mengatasi masalah keracunan Fe pada tanah sawah ternyata memberikan hasil yang cukup memuaskan karena proses dekomposisi hara orgaik akan menghasilkan asam-asam organik yang mempunyai muatan negatif pada gugus fungsionilnya (kaftoksil dan hidroksil) dan dapat menyebabkan teritatnya katiorkation logam seperti Fe.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:22
Last Modified: 12 Oct 2011 06:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item