Repository Universitas Andalas

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMA BUKITTINGGI

Amrina, Amrina (2008) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMA BUKITTINGGI. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMA BUKITTINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415Kb) | Preview

Abstract

Penelitian berttujuan untuk mengetahui : (l). Pengaruh kepemimpinan terhadap etos kerja guru pada SMA di Bukittinggi, (2). Pengaruh iklim sekolah terhadap etos kerja guru pada SMA di Bukittinggi, (3) Pengaruh kepemimpinan, iklim sekolah secara bersama-sama terhadap etos kerja guru pada SMA di Bukittinggi. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA di Bukittinggi Tahun Ajaran 2007/2008, dengan jumlah 172 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah 69 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah angket yang disusun dalam bentuk Skala Likert dengan 5 (lima) alternatifjawaban, yaitu selalu, sering, kadang-kadang, jarang dan tidak pernah. Teknik analisa data yang digunakan adalah Teknik Analisa Regresi Berganda dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (l). Kepemimpinan kepala sekolah belpengaruh signifikan terhadap etos kerja guru SMA di Bukininggi, (2) Iklim sekolatr beqpengqr*h signifikan terhadap etos kerja guru SMA di Bukittinggi, (3) kepemimpinan dan iktim sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap etos kerja guru pada SMA di Bukittinggi. Kepemimpinan kepala sekolatr dan iklim sekolah berpengaruh terhadap eots kerja guru di SMA Bukittinggi sebesar 55.10% secara keselunrhan. Namun kalau dilihat secara parsial kepemimpinan memiliki pengaruh sebesar 43,g0yo dan iklim sekolah memiliki pengaruh sebesar 33,l9Yo terhadap eots kerja guru di SMA Bukittinggi. Temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa tingkat pencapaian responden dengan indikator kepemimpinan kepala sekolah adalatr sebesar 85,23, iklim sekolatr sebesar 84,01, dan etos kerja sebesar 83,81, berarti secara keseluruhan tingkat pencapaian responden termasuk dalam kategori bailc Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah yang telah tercipta di lingkungan keda SMA Bukittinggi seperti dalam penelitian ini menunjukkan hubungan yang positif dalam menciptakan mutu pendidikan yang tampak pada etos kerja guru. Iklim sekolatr yang tercipta mendorong guru lebih semakin baik dalam bekerja sikap terbuka dan saling menghargai antara kepala sekolatr, guru dan pesrta didik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 13 Jun 2011 07:38
Last Modified: 05 Oct 2011 07:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item