Oktarina , Neneng and Elmis, Linda and Yani, Syafri (2014) PERLINDUNGAN PESIEN DI DALAM PEMBERIAN JASA PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA PADANG. Working Paper. Fakultas Hukum. (Unpublished)
Microsoft Word (PERLINDUNGAN PESIEN DI DALAM PEMBERIAN JASA PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28Kb) |
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dalam kebutuhan akan kesehatan pemerintah menyelenggarakan pembangunan kesehatan yang pada dasarnya menyangkut semua segi baik fisik, mental maupun sosial ekonomi. Pemberian pelayanan kesehatan dilakukan melalui penyedia jasa kesehatan, baik oleh dokter, para medis ataupun melalui rumah sakit atau klinik. Dalam kenyataannnya adakalanya terjadi pelanggaran terhadap hak dan kepentingan pesien dalam pemberian jasa kesehatan. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana perlindungan pesien dalam pemberian jasa pelayanan kesehatan tersebut di Kota Padang. Penelitian yang dilakukan bersifat yuridis sosiologis. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan studi dokumentasi dengan sampel terdiri dari dokter, para medis dan pengelola rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya keseimbangan hak dan kewajiban antara konsumen (pesien) dengan pelaku usaha (tenaga Kesehatan) sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang No.23 Tahun 1992 tentang Kesehatan dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Perlu penegakan hukum oleh instansi terkait, serta organisasi perlindungan konsumen untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pesien dalam pelayanan kesehatan.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | SSi Santi Ariningsih |
Date Deposited: | 01 Jun 2010 06:16 |
Last Modified: | 06 Jul 2015 08:15 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |