Repository Universitas Andalas

Hubungnn Kolinesterase dengan Indeks Eritrosit Petani Wanita di Kawasan sayur Mayur Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Silvia, Silvia (2009) Hubungnn Kolinesterase dengan Indeks Eritrosit Petani Wanita di Kawasan sayur Mayur Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Other thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Hubungnn Kolinesterase dengan Indeks Eritrosit Petani Wanita di Kawasan sayur Mayur Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597Kb) | Preview

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia sekarang telah mencapai lebih dari 200 juta jiwq kondisi ini menyebabkan kebutuhan pangan nasional makin besar, untuk mernenuhinya, maka kapasitas dan produkivitas pertanian Indonesia harus ditingkatkan. Disamping itu kebutuhan pestisida juga meningkat setiap tahun, dari beberapa studi yang dilakukan dibeberapa Negara Asia menunjukkan pestisida berbahaya terhapat kesehatan.Diantaranya, berpengaruh pada sistem darah dan kardiovaskuler berupa gangguan sintesis Hb, memperpendek umur eritrosit, menurunkan jurnlah sel darah merah,anemia dan hipertensi. Peran perempuan di pertanian begitu besar sehingga membuat perempuan juga dominan dan paling beresiko terhadap pestisida. Ditemukan petani wanita di kawasan pertanian sayur mayur kecamatan Banuhampu rutin melakukan aktifitas di lahan pertanian dengan keluhan mudah merasil lelah, sesak nafas dan konjungtiva anemis Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kolinesterase dengan indeks eritrosit petani wanita .Penelitian ini dilakukan di kawasan pertanian sayur mayur Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam pada bulan Juni sampai bulan Juli 2009. Desain penelitian ini adalah Cross Sectional dengan jumlair sampel 33 orang Pengambilam sampel dilakukan secara total sampling. Data karaktiristik subjek penelitian didapatkan dengan kuesioner. Pengambilan darah responden dilakukan oleh tenaga labor prodia dan sekaligus membaca hasil pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 Jun 2011 07:34
Last Modified: 13 Jun 2011 07:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14724

Actions (login required)

View Item View Item