Repository Universitas Andalas

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEMPATAN KERJA DI KOTA SOLOK (Sebuah Kajian dengan Menggunakan Metode Kausalitas dan Kointegrasi)

Raistin, Syafriadi Kencana (2010) PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEMPATAN KERJA DI KOTA SOLOK (Sebuah Kajian dengan Menggunakan Metode Kausalitas dan Kointegrasi). Other thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEMPATAN KERJA DI KOTA SOLOK (Sebuah Kajian dengan Menggunakan Metode Kausalitas dan Kointegrasi)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (640Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah m´┐Żnganalisis perubahan stnrktur perekonomian dan kesempatan kerja di Kota Solok dan menganalisis kausalias antara pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja di Kota Solok. Metode analisis yang dipakai adalah metode deskriptif dan metode ekonometrika yang menggunakan Uji Kausalitas Granger (Granger Causality Test) dengan pendekatan error correction model (ECM) dan Uji kointegrasi. Analisis ekononoetrika menggunakan variabel perturnbuhan ekonomi yaitu PDRB atas harga konstan tahun 2000 dan variabel kesempatan kerja yaitu jumlah orang yang bekerja menurut lapangan usaha. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif didapatkan batrwa sektor tersier fiasa) lebih tinggi peranannya dalam stnrktur ekonomi maupun stnrktur kesempatan ke{a di Kota Solok. Analisis ekonometrika menunjukan bahwa tidak ada kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dan kesempatan ke{a ataupun sebaliknya. Namun dari uji kointegrasi didapatkan adanya hubungan jangka panjang antara pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja. Dengan menggunakan pendekatan error correction model (ECM) didapatkan adanya hubungan jangka pendek antara pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja dengan faktor kelambanan al, artinya pertumbuhan ekonomi sekarang akan mempengaruhi pertumbuhan kesempatan kerja tahun rnendatang. Sedangkan pertumbuhan kesempatan kerja tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan dalan penelitian ini bahwa sektor. yang dominan dalam struktur ekonomi dan struktur kesempatan kerja di Kota Solok adalah sektor tersier (asa) dan adanya kausalitas antara petumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja pada lag +1 .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 Jun 2011 07:33
Last Modified: 13 Jun 2011 07:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item