Repository Universitas Andalas

STUDI FOTODEGRADASI BIRU METILEN DI BAWAH SINAR MATAHARI OLEH ZnO-SnO2 YANG DIBUAT DENGAN METODA SOLID STATE REACTION

dony, Novrian (2008) STUDI FOTODEGRADASI BIRU METILEN DI BAWAH SINAR MATAHARI OLEH ZnO-SnO2 YANG DIBUAT DENGAN METODA SOLID STATE REACTION. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (STUDI FOTODEGRADASI BIRU METILEN DI BAWAH SINAR MATAHARI OLEH ZnO-SnO2 YANG DIBUAT DENGAN METODA SOLID STATE REACTION) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (333Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan semikonduktor sebagai fotokatalis merupakan tema yang sangat menarik saat ini karena kemampuannya untuk mendegradasi senyawa-senyawa disekitarnya dengan menggunakan sinar. Proses ini adalah p-roses ya11g mudah dao dapat dipakai ulang, serta rarnah lingkungan. Fotokatalis ini dapat diaplikasikan sebagai antikabur, penghilang bau, material self-eleaning pemurnian dan penjernihan air, anti bakteri, dan telah dapat digunakan sebagai anti tumor/kanker. Selain untuk mendegradasi senyawa, fotokatalis juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga cahaya- ZnO merupakan fotokatalis yang yang paling aktif dalam degradasi larutan azo dye dengaR menggunakaan cahaya matahari dibandingkan dengan TiOz, SnOz, e-FezQ3, WO: dan CdS. Untuk meningkatan"sifat fotokatalitiknya, ZnO dinanokompositkan dengan SnOz (ZnO-SnO2) melalui meto da solid state reaction- Sifat fotokatalitiknya diuji pada fotodegradasi senyawa biru metilen (MB) dibawah sinar matahan sebagai sumber enegi pengaklifan yang murah dan rnudah didapatkan. Penelitian dilakukan di laboratorium Fotokimia jurusan kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas Padang, dari bllan September 2009 sampai dengan Januari 2010. Peralatan yang digunakan adalah spektrorneter Visible (Genesys ), Mikroskop optilq Fourier transformation lnfra Red (Shimadzu), kertas saring, Sinar matahari tanpa awan jam 10:00-11:30 WIB didekat laboratorium fotokimia, reaktor bacht datar dilengkapi dengan cermin reflaktan dan peralatan-peralatan gelas. Bahan yang digunakan adalah Bubuk SnOz (merck) dan ZnQz$nerck), elanol (absoluQ, dan biru metilen (BM, merck). ZnO dan SnO2 masing-masing dicampurkan dengan perbandinga'. mol 3:8 dan digerus dengan etanol di dalam lumpang sampai membentuk koloid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 13 Jun 2011 07:31
Last Modified: 04 Oct 2011 07:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item