Repository Universitas Andalas

DEGRADASI SENYAWA PARAQUAT DALAM PESTISIDA GRAMOXONE SECARA SONOZOLISIS DENGAN PENAMBAHAN TiO2-ANATASE

Yenni, Neila (2008) DEGRADASI SENYAWA PARAQUAT DALAM PESTISIDA GRAMOXONE SECARA SONOZOLISIS DENGAN PENAMBAHAN TiO2-ANATASE. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (DEGRADASI SENYAWA PARAQUAT DALAM PESTISIDA GRAMOXONE SECARA SONOZOLISIS DENGAN PENAMBAHAN TiO2-ANATASE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263Kb) | Preview

Abstract

Peningkatan sektor pertanian didukung oleh penggunaan pestisida untuk membunuh hama cian penyakit pada tanaman. Akan tetapi penggunaan pestisida secara terus menerus dan dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan dampak pencemaran bagr lingkungan, terutama perairan di sekitar lahan pertanian. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mendegradasi residu pesiisidu yang mencetnari lingkungan tersebut Paraquar merupakan senyawa kimia yang sangat beracun dan telah digunakan lebih dari 40 tahun, baik di perkebunan besar maupun kecil. Paraqual diklorida yang dikenal secara sederhana sebagai paraqucrt adalah salah satu jenis herbisida dengan merek dagang Gramoxone yang berpotensi dapat mencemari lingkungan. Senyawa ini digunakan untuk mengendalikan gulma seperti enceng gondok di danau dan di pantai, rumput teki di sawah dan gulma lainnya di perkebunan sawit, kopi, lada, tebu dan lain- lain. Paraqual mempunyai rumus umum CrzHr+NzClz dan memiliki berat molekul 257,16 glmol. Nama kimia dui paraquat berdasarkan IUPAC adalah 1,1-dimethyl-4,4- bipyridinium diklorida. Paraqual berbentuk cairan berwarna hijau dengan titik didih 175' 180"C dan nnrdah larut dalam air.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 13 Jun 2011 07:31
Last Modified: 12 Oct 2011 04:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item