Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGAWASAN PARKIR MENGGUNAKAN SMART CARD DAN SMS GATEWAY

Kurnia, Dedi (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGAWASAN PARKIR MENGGUNAKAN SMART CARD DAN SMS GATEWAY. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGAWASAN PARKIR MENGGUNAKAN SMART CARD DAN SMS GATEWAY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467Kb) | Preview

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pemasukan bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Nilai nominal pajak dari perusahaan yang mengelola aktivitas perparkiran relatif cukup besar. Hal ini dikarenakan penggunaan kendaraan bermotor yang cukup tinggi di kalangan masyarakat. Namun,kurangnya pengawasan dari pemerintah khususnya dinas perpajakan menyebabkan sumber pendapatan pajak parkir ini rawan penyimpangan. Pengawasan yang berkesinambungan, efektif dan efisien sangat dibutuhkan untuk mengawasi pendapatan dari aktivitas perparkiran yang dilakukan. Radio Frequency Identification (RFID) adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Smartcard berbasis RFID dan Short Message Serviee (SMS) adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk mengawasi aktivitas perparkiran yang bersifat mobile. Sistem yang dirancang mampu mengawasi kapan saja aktivitas perparkiran terjadi baik dari segi pendapatan maupun segi keamanan. Melalui layanan sms dikirimkan pesan singkat berupa aktivitas perparkiran ataupun informasi yang dibutuhkan oleh pemilik kendaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 Jun 2011 05:26
Last Modified: 05 Oct 2011 02:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item