Repository Universitas Andalas

DESKRIPSI BARALEK GADANG BATAGAK PANGULU DI NAGARI KOTO NAN GADANG, KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA

Zatra, Rino (2008) DESKRIPSI BARALEK GADANG BATAGAK PANGULU DI NAGARI KOTO NAN GADANG, KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (DESKRIPSI BARALEK GADANG BATAGAK PANGULU DI NAGARI KOTO NAN GADANG, KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476Kb) | Preview

Abstract

Nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, memiliki berbagai macam upacara adat, termasuk tata batagak penghulu. Upacara yang disebut terakhir ini merupakan salah satu acara yang terpenting dalam kehidupan masyarakat tradisi di nagari ini. Kepentingan ini terkait dengan fungsi dan peranan seorang penghulu di Koto Nan Gadang, sebagaimana di wilayah Minangkabau lainnya. Penelitian dengan topik batagak pangulu ini dilakukan bukan saja karena pentingnya posisi penghulu di Koto Nan Gadang, tetapi juga disebabkan oleh momen batagak gala yang sangat langka. Melalui studi kepustakaan dan disertai dengan studi di lapangan, kemudian dilanjutkan dengan uraian data yang dilakukan secara deskriptif, dapat disimpulkan bahwa batagak pangulu merupakan hal yang masih sangat penting di Koto Nan Gadang, sebagaimana masih pentingnya peran seorang penghulu di tengah masyarakat. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa dalam hal batagak pangulu, para niniak-mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang dan urang sumando masih mempertahankan unsur-unsur penting yang terdapat di dalam tata cara pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 11 Oct 2011 07:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item