Repository Universitas Andalas

IDENTIFIKASI PERUBAHAN JATUH TEGANGAN DAN UPAYA PERBAIKAN FAKTOR DAYA PADA RAW MILL INDARUNG V PT. SEMEN PADANG

Naroki, Naroki (2008) IDENTIFIKASI PERUBAHAN JATUH TEGANGAN DAN UPAYA PERBAIKAN FAKTOR DAYA PADA RAW MILL INDARUNG V PT. SEMEN PADANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI PERUBAHAN JATUH TEGANGAN DAN UPAYA PERBAIKAN FAKTOR DAYA PADA RAW MILL INDARUNG V PT. SEMEN PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497Kb) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang merupakan salah satu industri besar yang memproduksi semen, diakibatkan banyaknya beban induktif yang digunakan oleh peralatan produksi yaitu motor induksi maka untuk menjalankannya dibutuhkan daya reaktif induktif yang diserap dari jala-jala untuk membangkitkan fluks magnetik pada motor. Diantara banyak metoda yang digunakan untuk memperbaiki faktor daya PT. Semen Padang menggunakan metoda pemasangan kapasitor bank. Penggunaan kapasitor merupakan metoda yang paling sederhana dan paling ekonomis dalam memperbaiki faktor daya karena tidak membutuhkan pengoperasian motor besar. Ketika metode ini diterapkan pada sistem, kapasitor menyediakan arus magnetik reaktif sehingga kebutuhan daya reaktif nantinya akan disuplai dari kapasitor. Semakin tinggi nilai faktor daya yang diinginkan maka semakin besar daya reaktif yang dibutuhkan. Selain itu juga semakin besar pertambahan nilai faktor daya maka perubahan jatuh tegangan dan perubahan rugi-rugi daya akan semakin bertambah kecil. Perubahan jatuh tegangan dan rugi-rugi daya yang bertambah kecil ini mempunyai pengaruh baik terhadap keandalan dan efektivitas dari kerja motor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 06 Oct 2011 02:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item