Repository Universitas Andalas

ANALISA KOORDINASI PROTEKSI ARUS LEBIH PADA JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN MENENGAH (STUDI KASUS : SUBSTATION MINAS 3D PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA)

Arnif, Witri (2008) ANALISA KOORDINASI PROTEKSI ARUS LEBIH PADA JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN MENENGAH (STUDI KASUS : SUBSTATION MINAS 3D PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA KOORDINASI PROTEKSI ARUS LEBIH PADA JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN MENENGAH (STUDI KASUS : SUBSTATION MINAS 3D PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521Kb) | Preview

Abstract

Sistem tenaga tidak pernah terlepas dari gangguan hubung singkat yang menyebabkan penyaluran daya ke konsumen menjadi terputus. PT. Chevron Pacific Indonesia menggunakan proteksi arus lebih pada sistem kelistrikannya guna menjaga kehandalan penyaluran daya. Tugas akhir ini membahas analisa koordinasi proteksi arus lebih di jaringan distribusi tegangan menengah 13,8 kV pada Substation Minas 3D. Peralatan proteksi yang dikoordinasikan meliputi relay arus lebih, circuit breaker, circuit switcher dan recloser. Sebagai studi kasus, sejumlah titik gangguan diberikan untuk melihat pengaruh posisi gangguan terhadap nilai impedansi dan besar arus gangguan hubung singkat di jaringan. Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa penyetingan waktu operasi paling rendah diberikan pada relay arus lebih yang terletak paling jauh dari sumber sedangkan relay yang terletak semakin dekat ke sumber penyetingan waktu operasinya dinaikkan. Dengan alasan relay arus lebih yang berada paling hilir atau dekat dengan gangguan harus mampu menghilangkan gangguan secepat mungkin dalam area operasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 06 Oct 2011 03:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item View Item