Repository Universitas Andalas

OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK (Studi Kasus Sistem PT. PLN Sumbar-Riau)

Amri, Muhammad Fauzi (2008) OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK (Studi Kasus Sistem PT. PLN Sumbar-Riau). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK (Studi Kasus Sistem PT. PLN Sumbar-Riau)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (495Kb) | Preview

Abstract

Rugi-rugi daya yang terjadi pada saluran mengakibatkan berbagai dampak yang timbul antara lain turunnya tegangan pada saluran, rendahnya faktor daya yang terjadi serta menyebabkan kerugian materi karena semakin berkurangnya kekuatan sistem dalam menyalurkan listrik ke konsumen. Untuk mengurangi terjadinya rugi-rugi daya yang timbul pada saluran dilakukan pemasangan kapasitor. Pemasangan kapasitor tentunya memperhatikan saluran yang menggunakannya, penempatan yang dilakukan serta ukurannya agar penempatan kapasitor yang dilakukan bisa optimal dalam mengurangi rugi-rugi yang terjadi serta biaya penggunaan kapasitor. Metode optimasi yang cukup efektif adalah algoritma genetik. Pada metoda ini, penempatan kapasitor dilakukan dengan mengarah pada pemilihan kromosom yang diperoleh. Hasilnya akan diperoleh kromosom terbaik dari sebuah populasi yang ada yang berisi kondisi optimum penempatan kapasitor yang dapat memperkecil rugi-rugi daya yang terjadi pada saluran sekaligus meminimalisir banyaknya penggunaan kapasitor. Perbandingan yang bisa dilakukan dengan menggunakan aliran daya Newton-Raphson antara sebelum dan sesudah penempatan kapasitor. Pads sistem Sumbar-Riau dilakukan pemasangan kapasitor dilakukan pada empat bus yaitu sebesar 330 Mvar pada bus Teluk Lembu, 10 Mvar pada bus Dumai, 90 Mvar pada bus Payakumbuh dan 180 Mvar pada bus PIP dengan perubahan daya reaktif 12.606% dari 64.619 Mvar yang terjadi sebelum penambahan kapasitor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 05 Oct 2011 07:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item