Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENENTUAN TEGANGAN INPUT DC DAN SUDUT FASA TERHADAP ALIRAN DAYA PADA BIDIRECTIONAL CONVERTER

Sari, Novia (2008) PENGARUH PENENTUAN TEGANGAN INPUT DC DAN SUDUT FASA TERHADAP ALIRAN DAYA PADA BIDIRECTIONAL CONVERTER. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENENTUAN TEGANGAN INPUT DC DAN SUDUT FASA TERHADAP ALIRAN DAYA PADA BIDIRECTIONAL CONVERTER) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (427Kb) | Preview

Abstract

Salah satu pemanfaatan konverter daya untuk meningkatkan penggunaan daya listrik yang disalurkan adalah penggunaan bidirectional converter. Selain itu juga dapat memenuhi permintaan beban yang berubah-ubah pada sistem tenaga listrik. Bidirectional converter merupakan konverter dua arah yang berfungsi sebagai penyearah dan inverter. Pada tugas akhir ini dikaji tentang pengaruh tegangan masukan DC dan sudut fasa terhadap aliran daya aktif pada bidirectional converter. Dari hasil simulasi dengan software MATLAB7.01 dan penelitian, diperoleh pengaruh tegangan masukan DC terhadap tegangan keluaran bidirectional converter adalah berbanding lurus dan linear. Sedangkan pengaruh pergeseran sudut fasa terhadap bidirectional convertet menentukan arah aliran daya yaitu pergeseran sudut fasanegatif akan mengakibatkan konverter berfungsi sebagai penyearah dan sebaliknya pergeseran sudut fasa positif akan mengakibatkan konverter berfungsi sebagai inverter. Pengaruh perubahan sudut fasa ini juga berbanding lurus dengan besar daya aktif bidirectional converter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Jun 2011 15:47
Last Modified: 07 Oct 2011 09:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item