Repository Universitas Andalas

MANAJEMEN ENERGI : AUDIT ENERGI UNTUK RUMAH TINGGAL (RESIDENTIAL HOUSE) DENGAN LUAS 300 M^2 DUA LANTAI

Syaulin, Hengky (2008) MANAJEMEN ENERGI : AUDIT ENERGI UNTUK RUMAH TINGGAL (RESIDENTIAL HOUSE) DENGAN LUAS 300 M^2 DUA LANTAI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (MANAJEMEN ENERGI : AUDIT ENERGI UNTUK RUMAH TINGGAL (RESIDENTIAL HOUSE) DENGAN LUAS 300 M^2 DUA LANTAI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (550Kb) | Preview

Abstract

Energi merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi kegiatan pembangunan suatu bangsa. Demikian juga halnya dalam kegiatan sehari-hari, hampir tidak ada aktivitas di rumah tinggal yang tidak memerlukan energi. Untuk itu perlu diadakan suatu konsep manajemen energi pada bangunan rumah tinggal. Salah satu langkah awal dari konsep manajemen energi adalah audit energi. Dari hasil audit energi ini kita dapat melihat tingkat efisiensi penggunaan energi pada suatu bangunan rumah tinggal. Acuan atau pedoman dalam menentukan tingkat efisiensi penggunaan energi ini digunakan standar yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidiknn dan DOE (Area in Pacific Southwest). Mengingat pentingnya peranan energi dalam kehidupan baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari keseluruhan masyarakat, maka perlu untuk mengetahui cara-cara peningkatan efisiensi penggunaan energi atau biasa disebut konservasi energi. Pemakaian energi selama satu tahun secara teoritis untuk bangunan rumah tinggal adalah sebesar 10.21 kWh/m^2.tahun, sedangkan secara aktual adalah sebesar 13.63 kWh/m^2.tahun. Intensitas konsumsi energi perkapita yang didapat dari hasil perhitungan adalah sebesar 510.997 kWh/m^2.tahun dan persentase penghematan energi sebesar 25.03%. Efisiensi penggunaan energi pada bangunan rumah tinggal berdasarkan data aktual dan data teoritis tergolong kedalam kategori hemat energi (Low Energy Building).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Jun 2011 15:46
Last Modified: 11 Oct 2011 04:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item