Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGGUNAAN CHANNEL SHARING UNTUK MENGATASI KEPADATAN KANAL TRAFIK PADA SISTEM KOMUNIKASI SELULAR (Studi Kasus : PT. Indosat Tbk. Cabang Padang Inner City)

Hasnali, Raihan (2008) ANALISIS PENGGUNAAN CHANNEL SHARING UNTUK MENGATASI KEPADATAN KANAL TRAFIK PADA SISTEM KOMUNIKASI SELULAR (Studi Kasus : PT. Indosat Tbk. Cabang Padang Inner City). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGGUNAAN CHANNEL SHARING UNTUK MENGATASI KEPADATAN KANAL TRAFIK PADA SISTEM KOMUNIKASI SELULAR (Studi Kasus : PT. Indosat Tbk. Cabang Padang Inner City)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539Kb) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telekomunikasi selular dewasa ini, menuntut operator untuk memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan (user). Disisi lain, karena terbatasnya kanal alokasi frekuensi telekomunikasi selular tersebut, mengakibatkan user yang menggunakan kanal tersebut menjadi terbatas jumlahnya. Untuk mengatasi hal tersebut, dirancanglah berbagai strategi untuk tetap bisa melayani user yang pertumbuhannya setiap tahun semakin meningkat tanpa mengurangi kualitas yang diberikan. Tugas akhir ini membahas bagaimana penggunaan channel sharing antara BTS sektor 3 TVRI dengan BTS sektor 1 Lolong pada jaringan milik PT. Indosat Tbk. dengan memvariasikan 1 sampai 7 kanal yang disharingkan dengan melakukan observasi tanggal 1 Januari 2009 dan 24 November 2009. Dilihat pada observasi tanggal 1 Januari 2009 dan 24 Novembar 2009, kondisi setelah percobaan penerapan channel sharing, jumlah user yang dapat dilayani pada BTS sektor 3 TVRI mengalami peningkatan, sedangkan dilihat pada BTS sektor 1 Lolong, jumlah user mengalami penurunan. Dilihat dari probability of blocking pada BTS sektor 3 TVRI mengalami penurunan sebanyak 7,4%. Sharing sampai 3 kanal antara sektor 1 Lolong terhadap sektor 3 TVRI menjadi lebih baik dengan tidak mengurangi performansi pada sisi sektor 1 Lolong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Jun 2011 15:46
Last Modified: 05 Oct 2011 02:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item