Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN ANALISA HASIL PENGUJIAN ALAT UJI GOVERNOR SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN REKONDISI

Rizal, Henky (2008) PERBANDINGAN ANALISA HASIL PENGUJIAN ALAT UJI GOVERNOR SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN REKONDISI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN ANALISA HASIL PENGUJIAN ALAT UJI GOVERNOR SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN REKONDISI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518Kb) | Preview

Abstract

Governor adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengatur kecepatan laju aliran bahan bakar berdasarkan putaran mesin. Alat governor yang ada di laboratorium sudah tidak layak lagi digunakan karena sudah berusia cukup lama, maka perlu dilakukan perbaikan pada alat uji tersebut. Setelah dilakukan pengujian ternyata ketidakakuratan alat uji tersebut terjadi karena jarak clearance antara bushing dan poros sudah tidak presisi lagi. Tindakan rekondisi perlu dilakukan agar alat uji ini dapat bekerja dengan baik. Data yang didapatkan sebelum direkondisi kecepatan putaran poros tidak stabil berkisar antara 277,41 rpm - 493,51 rpm. Ternyata setelah dilakukan penggantian pada bushing governor tersebut didapatkan data pengujian yang menunjukan kestabilan putaran dari poros dan sleeve. Kecepatan putaran poros yang didapatkan setelah dilakukan rekondisi berkisar antara 149,62 rpm - 175,64 rpm. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan membuat bushing baru dengan bahan aluminium dengan diameter 16 mm. Setelah dilakuknn penggantian bushing baru, didapatknn putaran yang lebih stabil serta dapat meningkatkan daya angkat sleeve.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 11 Oct 2011 08:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item