Repository Universitas Andalas

STUDI ALIRAN DAYA MENGGUNAKAN METODA FAST DECOUPLE (APLIKASI : SISTEM KELISTRIKAN PT. PLN SUMATERA BAGIAN SELATAN SUBSISTEM SUMATERA SELATAN 150 KV)

Amin, Perdana Eko Putra (2008) STUDI ALIRAN DAYA MENGGUNAKAN METODA FAST DECOUPLE (APLIKASI : SISTEM KELISTRIKAN PT. PLN SUMATERA BAGIAN SELATAN SUBSISTEM SUMATERA SELATAN 150 KV). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI ALIRAN DAYA MENGGUNAKAN METODA FAST DECOUPLE (APLIKASI : SISTEM KELISTRIKAN PT. PLN SUMATERA BAGIAN SELATAN SUBSISTEM SUMATERA SELATAN 150 KV)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (530Kb) | Preview

Abstract

Studi aliran daya dilakukan pada sistem tenaga listrik PT. PLN Sumatera Bagian Selatan Subsistem Sumatera Selatan untuk mendapatkan informasi mengenai aliran daya dan tegangan sistem dalam kondisi operasi tunak. Informasi ini sangat dibutuhkan guna mengevaluasi unjuk kerja sistem tenaga listrik dan menganalisis kondisi pembangkitan maupun pembebanan baik kondisi normal maupun tidak normal. Metode Fast Decouple adalah metode yang dipergunakan dalam perhitungan aliran daya dengan bantuan program kompuler. Perhitungan aliran daya dilakukan dengan bantuan program yang ditulis dalam bahasa Matlab. Dalam perhitungan aliran daya ada beberapa kondisi yang dilakukan pada sistem, dengan menaikkan dan menurunkan beban pada tiap bus, melakukan perubahan tap transformator, pemberian kapasitor shunt, perubahan perbandingan antara R dan X serta bagaimana pengaruhnya terhadap tegangan dan sudut phasa. Dengan memberikan kondisi-kondisi seperti perubahan pembebanan, perubahan tap transformator, pemberian kapasitor shunt, variasi R dan X akan mempengaruhi aliran daya system, berupa perubahan magnitude tegangan dan sudut phasa pada tiap bus beban (bus PQ) dan perubahan sudut phasa pada tiap bus pembangkit (bus PV).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 05 Oct 2011 07:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item