Repository Universitas Andalas

PENERAPAN PRINSIP SYARI'AH TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH PADA PT. BPR SYARI'AH CARANA KIAT ANDALAS BUKITTINGGI

Masnidar, Masnidar (2008) PENERAPAN PRINSIP SYARI'AH TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH PADA PT. BPR SYARI'AH CARANA KIAT ANDALAS BUKITTINGGI. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PRINSIP SYARI'AH TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH PADA PT. BPR SYARI'AH CARANA KIAT ANDALAS BUKITTINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (617Kb) | Preview

Abstract

Perbankan syariah muncul di Indonesia didasari oleh adanya keinginan umat Islam untuk bermuamalah secara Islam serta menghindari praktek riba yang jelas-jelas telah dilarang oleh Al qur'an dan Hadist. Keberadaan bank konvensional selama ini ternyata tidak mampu mengatasi hal tersebut. BPR syariah Carana Kiat Andalas sebagai sebuah bank syari'ah di dalam operasinya menerapkan prinsip syari'ah atau bagi hasil terhadap produk atau jasa yang diberikan dengan harapan untuk mensejahterakan masyarakat dengan cara yang sesuai dengan syari'at Islam, dengan kegiatan utamanya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan atau deposito serta kegiatan penyaluran dana berupa pembiayaan Murabahah dan pembiayaan Al Qardul hasan. Salah satu diantaranya adalah Deposito mudharabah yang diterapkan dengan asas Mudharabah yang diyakini merupakan salah satu prinsip syari'ah itu sendiri. Deposito Mudharabah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip syari'ah islam adalah merupakan simpanan pihak ketiga yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan sesuai dengan nisbah bagi hasil yang telah ditetapkan diawal akad. Untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip syari'ah terhadap Deposito Mudharabah ini maka dalam hal ini permasalahan yang ingin penulis kemukakan disini adalah tentang bagaimana penerapan prinsip syari'ah terhadap Deposito Mudharabah ini oleh PT.BPR Syari'ah Carana Kiat Andalas yang memuat tentang prosedur dan tata cara pelaksanaan Deposito Mudharabah ini serta kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Dalam melakukan penelitian diatas penulis menggunakan pendekatan masalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data sekunder yang didapat dan bahan hukum kepustakaan dan peraturan perundang-undangan yang ada serta data primer yang didapat secara langsung melalui pengamatan langsung dan wawancara yang dilakukan secara semi terstruktur dengan direktur PT. BPR Syari'ah Carana Kiat Andalas dan koordinator bagian operasional deposito serta nasabah pengguna produk Deposito Mudharabah ini, yang mana metode penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan melalui pengumpulan data primer dan data sekunder maka dapat dilihat disini bahwa PT. BPR Syari'ah Carana Kiat Andalas, sebagai sebuah bank syariah telah beroperasi berdasarkan prinsip syari'ah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 11 Oct 2011 09:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item