Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN ORGANISASI PETANI DALAM USAHATANI BERIRIGASI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus di Daerah Irigasi Sicaung)

Nurfitri, Nurfitri (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN ORGANISASI PETANI DALAM USAHATANI BERIRIGASI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus di Daerah Irigasi Sicaung). Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN ORGANISASI PETANI DALAM USAHATANI BERIRIGASI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (Studi Kasus di Daerah Irigasi Sicaung)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345Kb) | Preview

Abstract

Dalam usaha meningkatkan usahatani masyarakat di perdesaan khususnya usahatani padi sawah yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, pemerintah telah melakukan berbagai usaha, diantaranya dengan memperbaiki fasilitas pengairan yang dibututrkan oleh petani, Salah satu diantaranya adalah Daerah Irigasi Sicaung ,yang memiliki sistem irigasi yang cukup baik. DI Sicaung ini diharapkan dapat menunjang peningkatan produktifitas dan intensitas penanaman terutama padi sawah. Untuk menunjang pelaksanaan program peningkatan produktifitas pertanian dan pendapatan petani, perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan peranan dan tanggung jawab para petani. Guna memantapkan maksud di atas, pemerintah telah membina dan mengaktifkan kelompok-kelompok tani dan P3A. Namun sejauh ini masih ada P3A dan Kelompok Tani yang belum menyadari dan mernahalniny4 sehingga masih terdapat kelompok tani dan P3A yang kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan organisasi petani dan pelaksaniun usahatani beririgasi pada DI Sicaung dan menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempeqgarutri tidak aktifnya organisasi petani tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 06 Oct 2011 07:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item