Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN SISTEM PERANGKAT KERAS MESIN PENJUAL MINUMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

Nalia, Rizka (2008) RANCANG BANGUN SISTEM PERANGKAT KERAS MESIN PENJUAL MINUMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM PERANGKAT KERAS MESIN PENJUAL MINUMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3103Kb) | Preview

Abstract

Mesin penjual minuman otomatis ini menggunakan sistem koin untuk pembayaran. Untuk mendeteksi jumlah koin yang masuk ke mesin yaitu menggunakan sensor infra red dan foto dioda. Mikrokontroller AT89S51 berfungsi sebagai pengontrol dan mengendalikan mesin sesuai dengan program. Untuk penggerak pada mesin ini menggunakan motor DC. Tegangan input untuk menggerakkan motor DC adalah 5 Vdc. Karena tegangan output pada mikrokontroller 3,2 Vdc dan tidak akan bisa menggerakkan motor, oleh karena itu harus menggunakan rangkaian driver motor. Rangkaian driver ini terdiri dari IC 7404, Transistor TIP 31C, relay, dioda IN 4007 dan resistor 1K. Mesin penjual minuman otomatis menggunakan 3 motor DC. Motor 1 sebagai penggerak untuk mengeluarkan jenis minuman 1, motor 2 sebagai penggerak untuk mengeluarkan jenis minuman 2 dan motor 3 sebagai penggerak untuk mengeluarkan jenis minuman 3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 06 Oct 2011 02:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item View Item