Repository Universitas Andalas

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KARET STANDARD INDONESIA RUBBER (SIR 20 ) SUMATERA BARAT

Siagian, Gomos Rikardo Gustianus (2008) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KARET STANDARD INDONESIA RUBBER (SIR 20 ) SUMATERA BARAT. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KARET STANDARD INDONESIA RUBBER (SIR 20 ) SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (666Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu mendeskripsikan mekanisme ekspor yang dilalcukan PT. Kilang Lima Gunung dan menganalisa faktor - faktor yang mempengaruhi volume ekspor karet Standard Indonesia Rubber (SIR 20) Sumatera Barat. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari PT. Kilang Lima Gunun, dinas atau lembaga yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menganalisis 4 variabel bebas yaitu : harga karet SIR 20 Singapur4 harga karet SIR 20 Sumatera Barat, kurs, dan jumlah produksi karet SIR 20 Sumatera Barat, yang diperkirakan berpengaruh terhadap volume ekspor karet Standard Indonesia Rubber (SIR 2q Sumatera Barat. Sedangkan dalam menganalisa datU menggunakan regresi linier berganda dengan metode kuadrat terkecil (OLS), data yang digunakan adalah datatriwulan (3 bulanan) mulai dari tahun 2000 - 2008. Mekanisme ekspor karet SIR 20 Sumatera Barat menggunakan kondisi penjualan FOB. Adapun mekanisme ekspornya, adalah sebagai berikut : importir berkorespondensi dengan eksportir, yaitu Direksi PT. Kilang Lima Gunung untuk pemesanan. Setelah itu, eksportir membuat kontrak penjualan, dan importir menerbitkan LIC melalui bank koresponden di negaranya, dikirimkan ke bank koresponden eksportir unfuk diteruskan kepada eksportir. Selanjutnya, eksportir menyiapkan karet SIR 20 sesuai dengan yang diisyaratkan di LlC, dan mendaftarkan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). Kemudian, karet SIR 20 yang telah disegel dikirimkan ke pelabuhan, dan dimuat ke kapal yang telah dipesan oleh importir. Setelah itu, eksportir banr bias mencairkan LIC ke bank koresponden eksportir dengan syarat - syarat dokumen yang harus dipenuhi. Hasil pengujian secara serempak (uji F) dengan tingkat kepercayaan l0Yo ekspor karet SIR 20 dipengaruhi oleh harga karet SIR 20 Singapura, harga karet SIR 20 Sumatera Barat, kurs, dan jumlah produksi karet SIR 20 Sumatera Barat, sedangkan pengujian secara parsial (uji 0 dengan tingkat kepercayaan 10% dipengaruhi oleh harga karet SIR 20 di Singapura, harga karet SIR 20 Sumatera Barat, kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika (US$), dan jumlafr produksi karet SIR 20 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 10 Oct 2011 07:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item View Item