Repository Universitas Andalas

ANALISA TATANIAGA KOPRA DAN PERMASALAHANNYA DI KENAGARIAN TANDIKAT KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Dwiarfera, Yossi (2008) ANALISA TATANIAGA KOPRA DAN PERMASALAHANNYA DI KENAGARIAN TANDIKAT KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (ANALISA TATANIAGA KOPRA DAN PERMASALAHANNYA DI KENAGARIAN TANDIKAT KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576Kb) | Preview

Abstract

penelitian ini dilaksanakan di Kenagarian Tandikat Kecamatan patamuan Kabupaten Padang Pariaman dari bulan Mei sampai Juni 2010. Tujuan penelitian ini adalah, pertoma: mengetahui saluran tataniaga kopra, kedua: menganalisa margin tataniaga dan bagian yang diterima oleh masing- masing lembaga tataniaga yang terlibat serta efisiensi saluran tataniaga, ketigo: mengetahui permasalahan dari aspek fungsi tataniaga. Manfaat penelitian ini adalah, pertama; memberikan informasi kepada pemerintah mengenai usaha pengolahan kopra dan pengelolaannya, sehingga membantu dalam merumuskan kebijakan dan perencanaan pembangunan yang lebih baik, kedua: memberikan masukan dan informasi bagi petani kopra sehingga dapat membantu dalam memasarkan hasil usahataninya, ketiga: menjadi acuan bagi penetian selanjutnya, Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan pengambilan sampel dilakukan secara sensus dengan jumlah petani sampel sebanyak 50 orang dari Kenagarian Tandikat Kecamatan Patamuan. Dari hasil penelitian ini didapatkan tiga saluran pemasaran yaitu saluran A dimulai dari petani pengolah kopra, pedagang pengumpul jorong, pedagang pengumpul nagari, pabrik. Saluran kedua adalah saluran B dimulai dari petani sekaligus sebagai pedagang pengumpul jorong, pedagang pengumpul nagari, pabrik. Saluran ketiga adalah saluran C dimulai dari petani pengolah kopra, pedagang pengumpul keliling, pabrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:30
Last Modified: 04 Oct 2011 02:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item View Item