Repository Universitas Andalas

Simulasi Pengontrolan Sistem Penerangan pada Gedung Praktikum Elektro Lantai Satu Menggunakan Mikrokontroller

Suhatman, Suhatman (2008) Simulasi Pengontrolan Sistem Penerangan pada Gedung Praktikum Elektro Lantai Satu Menggunakan Mikrokontroller. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Simulasi Pengontrolan Sistem Penerangan pada Gedung Praktikum Elektro Lantai Satu Menggunakan Mikrokontroller) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (464Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan energi listrik khususnya pada bagian system penerangan telah bisa dikatakan sebagai konsumsi sandang. Hal ini dapat dilihat jika system penerangan tidak ada, seluruh aktivitas manusia mati total. Akan tetapi seringkali kita lihat adanya pemborosan energi listrik terutama pada system penerangan dimana penerangan dihidupkan secara kontiniu padahal aktivitas pada tempat tersebut tidak ada dan sering pula hal tersebut ditemui pada suatu ruangan dengan keadaan terkunci. Tidak jauh-jauh, kita dapat melihat kenyataan yang terjadi pada gedung praktikum elektro lantai satu dimana kita melihat tindakan pemborosan tersebut terjadi baik disadari maupun tidak disadari. Melihat kondisi tersebut penulis mencoba merancang system pengontrolan dengan memanfaatkan mikrokontroler sebagai programmer pada pengontrolan system penerangan yang disimulasikan pada gedung elektro lantai satu. Pengontrolan ini memanfaatkan LCD sabagi interface dan menggunakan relay sebagai media saklar. Semoga dengan adanya pengontrolan ini efesiensi dalam pemanfaatan energy listrik pada system penerangan dapat tercapai dan demikian kita turut membantu menggalakkan slogan PLN "matikan yang tidak penting" yang gencar-gencarnya dikampanyekan pihak PLN.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:30
Last Modified: 10 Oct 2011 08:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item View Item