Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK MAKANAN KHAS DAERAH PADA USAHA LENI SNACK DI KECAMATAN NANGGALO PADANG

Ikhsan, M (2008) ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK MAKANAN KHAS DAERAH PADA USAHA LENI SNACK DI KECAMATAN NANGGALO PADANG. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK MAKANAN KHAS DAERAH PADA USAHA LENI SNACK DI KECAMATAN NANGGALO PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (502Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2007. Tujuan penelitian adalah menentukan harga jual masing-masing produk usaha Leni Snack yaitu kripik balado, kripik sanjai, karak kaliang, laipik ubi cincang, tojin jagung dan kipang kacang. Juga mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh usaha Leni Snack dalam menentukan harga jual produknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah bahwa harga jual masing-masing produk. Usaha Leni Snack telah berpedoman pada teori penetapan harga jual dengan metode variable costing. Meskipun permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Leni Snack yaitu kemasan produk yang belum dilengkapi berkode dan tanggal kadaluarsa. Sedangkan perbandingan harga jual berdasarkan teori penetapan harga dengan harga jual yang ditetapkan perusahaan ini, secara umum berdasarkan perbandingan harga jual perhitungan Variabel Costing lebih tepat digunakan oleh usaha Leni Snack karena mampu menutupi seluruh aspek biaya dan memenuhi laba sebesar 30% untuk pengembangan usaha kedepan. Saran yang dapat penulis sampaikan pada pengelola perusahaan Leni Snack adalah dalam menetukan penetapan harga jual produk 1) sebaiknya pihak Leni Snack tidak hanya memperhitungkan harga bahan baku, flukstuasi harga bahan penolong lainnya juga mempengaruhi kenaikan biaya produksi. 2) perhitungan harga jual hendaknya dapat menutupi seluruh aspek dan memenuhi laba yang diharapkan. 3) sebaiknya usaha Leni Snack memperhatikan harga jual pesaing dan kemasan produk sebaiknya diseragamkan dengan dilengkapi barcode dan tanggal kadaluarsa agar menjaga kepercayaan konsumen dan pedagang pengecer terhadap kualitas produk. 4) dalam pemasokan produk ke pedagang pengecer haruslah kontiniu dan kontrol yang baik oleh salesmen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:30
Last Modified: 04 Oct 2011 04:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item