Repository Universitas Andalas

PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SERTA UMUR PANEN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zeo mays soccharata Sturt. )

NST, AFRIDAYANTI (2008) PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SERTA UMUR PANEN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zeo mays soccharata Sturt. ). Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF
Download (605Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SERTA UMUR PANEN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zeo mays soccharata Sturt. )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605Kb) | Preview

Abstract

Percobaan lapangan tentang pengaruh macam pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil serta umur panen tanaman jagvng manis (Zea mays saccharata Sturt.) telah dilaksanakan di kebun milik priUaai petani di jl. Irigasi Cupak Tangah, Padang dari bulan November 2009 - Februari 2010. Percobaan ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi jenis pupuk kandang dan jarak tanam yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis serta umur panen yang tepat sesuai kadar gula yang optimal dengan menggunakan metode "satuan panas". Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri darr 2 faktor. Masing -masing fakor terdiri dari 3 perlakuan yaitu Faktor A terdiri dari pukan kotoran sapi, pukan kotoran kambing, d* pukan kotoran ayam, dan FaktorB terdiri dari jarak tanam 30 x 70 cm,jarak tanam25 x 80 cm, jarak tanam 40 x 50 cm, yang diulang 3 kali sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Data dianalisis dengan uji F taraf nyata 5- %. Hasil percobaan menunjukkan batrwa tidak terilihat interaksi macirm pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis, tidak udunyu pengaruh jarak tanam, namun terlihat adanya pengaruh jenis pupuk kandang , yang terbaik adalah pupuk kandang ayam. Persentase kadar gof iertinggi diperoleh pada hasil Paoen dengan satuan panas 1224 yang menggunakan prtiutour pupuk kandang kambing dengan jaraktanam 40 x 50 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:29
Last Modified: 06 Oct 2011 02:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item