Repository Universitas Andalas

TINGKAT PARTISIPASI WANITA TANI DALAM KEGIATAN KELOMPOK TANI DI KELURAHAN KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Metalisa, Rindi (2008) TINGKAT PARTISIPASI WANITA TANI DALAM KEGIATAN KELOMPOK TANI DI KELURAHAN KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (TINGKAT PARTISIPASI WANITA TANI DALAM KEGIATAN KELOMPOK TANI DI KELURAHAN KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602Kb) | Preview

Abstract

Wanita tani memiliki peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai tenaga kerja dalam usaha taninya. Dengan peran tersebut wanita tani masih memiliki keinginan untuk bergabung dalam kelompok tani dan melaksanakan kegiatan yang terdapat di kelompok tani" Wanita tarri dituntut untuk terlibat dalam kegiatan kelompok tani dengan mengorbankan waktu, mencurahkan pikiran dan tenaganya. Untuk itu penelitian ini mengkaji tentang "Tingkat Partisipasi Wanita Tani Dalam Kegiatan Kelompok Tani di Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang". Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui tingkat partisrpasi wanita tarri dalam kegiatan kelompok tarri; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi wanita tani dalam kegiatan kelompok tani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study), dengan teknik pengambilan sampel secara Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 orang, ymg dibagi pada 2 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Padi Rimbun dan Kelompok Tani Jaya Bersama. Partisipasi wanita tani dalarn kegiatan kelompok tani yang diamati adalah; (a) tahap perencanaan kegiatan, (b) tahap pelaksanaan kegiatan, (c) tahap evaluasi kegiatan. Faktor yang mempengaruhi partisipasi wanita tani dianalisis dengan metode regresi, dimana karakteristik sosial ekonomi sebagai variabel bebasnya. Hasil penelitian memrnjukkan bahwa pada semua tahap kegiatan kelompok tani, partisipasi wanita tani adalah sedang. Faktor yang berpengaruh nyata terhadap partisipasi wanita tani tersebut adalah tingkat pendapatan rumah tangga dan motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:29
Last Modified: 12 Oct 2011 08:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14880

Actions (login required)

View Item View Item