Repository Universitas Andalas

Tindakan Sosial Mengenai Program *Gerakan Satu Orang Menanam Satu Pohon" (Studi Terhadap 12 Warga di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang)

ZARA, DWI OKTARINI (2008) Tindakan Sosial Mengenai Program *Gerakan Satu Orang Menanam Satu Pohon" (Studi Terhadap 12 Warga di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Tindakan Sosial Mengenai Program *Gerakan Satu Orang Menanam Satu Pohon" (Studi Terhadap 12 Warga di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (630Kb) | Preview

Abstract

Bencana kekeringan dan banjir yang seringkali dialami oleh masyarakat harnpir di seluruh wilayah Indonesia menandai bahwa mulai rusaknya lingkungan hidup, yang merupakan akibat dari rusaknya hutan-hutan yang ada. Oleh karena itu upaya penanggulangan diperlukan untuk mengembalikan kondisi hutan kepada fungsinya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan program "Gerakan Satu Orang Satu Pohon". Di Kota Padang, pelaksanaan program "Gerakan Satu Orang Satu Pohon" dilaksanakan di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana tindakan sosial masyarakat Kelurahan Balai Gadang terhadap penanaman pohon program tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program o'Gerakan Satu Orang Menanam Satu Pohon", mendeskripsikan malara pohon program tersebut bagt masyarakat, dan mendeskripsikan tindakan sosial masyarakat terhadap prograrn tersebut. Teori datam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Menurut Ma,x Weber yang dimaksud dengan tindakan sosial adalah tindakan individu sejauh tindakan itu mempunyai makna atau arti subjektif bagi diri sendiri dan diarahkan pada tindakan orang lain. Begitupun tindakan sosial masyarakat yang melaksanakan progfirm ini mereka memiliki latar belakang makna atas penanaman pohon dalam program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pemilihan informan purposive sampling- Kriteria informan masyarakat di Keluratran Balai Gadang. Pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tindakan sosial warga yang melaksanakan penanaman pohon ini adalah mereka memiliki latar belakang makna atas penanaman pohon dalam program ini untuk mencegah bencana alam dan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan. Tindakan menarurm pohon program "Gerakan Satu Orang Menanam Satu Pohon" memiliki makna tertentu bagi warga masyarakat. Tindakan menanam pohon progftm yang dilakukan warga tersebut adalah memiliki 'tujuan untuk meningkatkan kesejahteftran bagi kehidupan masyarakat karena hasilnya dapat drjual dan di konsumsi. Tindakan warga yang menanam pohon program ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa hormat kepada pihak yang telah menyzrmpaikan sosialisasi tentang pelaksanaan program ini. Tindakan warga menanam pohon program ini adalah sebagai kebiasaan yang telah dilalcukan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka terdahulu sebagai upaya mencegah terjadinya bencana alam dan sebagai bentuk upaya menjaga lingkungan yang diciptakan oleh Sang Pencipta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:29
Last Modified: 11 Oct 2011 07:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item View Item