Repository Universitas Andalas

OPTIMASI ISOLASI DNA TANAMAN GAMBIR (uncaria gambir Roxb.) DAN SELEKSI PRIMER RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA)

Noferta, Ade (2008) OPTIMASI ISOLASI DNA TANAMAN GAMBIR (uncaria gambir Roxb.) DAN SELEKSI PRIMER RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA). Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (OPTIMASI ISOLASI DNA TANAMAN GAMBIR (uncaria gambir Roxb.) DAN SELEKSI PRIMER RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635Kb) | Preview

Abstract

penelitian dengan judul optimasi isolasi DNA tanaman gambir (uncaria gambir Roxb.) dan seleksi primer RAPD (Random Amprified polymorphic DNA) dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Jurusan Budidaya pertanian Fakultas pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian dilakukan dari bulan November 2006 sampai dengan bulan Juni 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan metode (protokol) yang paling optimal untuk isolasi DNA dari jaringan daun tanaman gambir, dan untuk mendapatkan sumber material yang paling baik untuk isolasi DNA tanaman gambir, serta untuk mendapatkan primer RAPD yang tepat untuk analisis kekerabatan tanaman gambir. Isorasi DNA dilakukan dengan beberapa jenis metode isolasi, yaitu metode Saghai and Maroof (1984) yang dimodifikasi, metode isolasi DNA Doyle and Diyle (1990) yang dimodifikasi, metode isolasi DNA Krizman, et al (2006), dan metode isolasi DNA tanaman yang mengandung getah yang dimodifikasi (An Michiels et. al,2003). Sedangkan sumber material untuk isolasi antara lain: (1). Daun muda.tanaman gambir dalam kondisi segar, (z).Daun tua tanaman gambir dalam kondisi segar' (3)' Daun muda tanaman gambir yang disimpan 1 minggu dengan suhu -20oC, (4)' Daun muda tanaman gambir yang disimpan 1 minggu dengan suhu 4oC, dan (5)' Daun muda tanaman gambir yang disimpan 1 minggu pada suhu ruang (25oC), (6)' Daun muda tanaman gambir yang disimpan di dalam silica gel dan (7)' Daun muda tanaman gambir yang diberi perlakuan gelap (etiolasi) selama 1 minggu. Untuk seleksi primer RAPD dipakai 25 jenis primer RAPD dari Operon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 25 Jun 2011 13:37
Last Modified: 06 Oct 2011 03:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item