Repository Universitas Andalas

KONVERSI LAHAN USAHA TANAMAN PANGAN KE PERKEBUNAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (studi Kasus Pemukiman Eks Transmigrasi Di Desa Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi)

TARYONO, TARYONO (2008) KONVERSI LAHAN USAHA TANAMAN PANGAN KE PERKEBUNAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (studi Kasus Pemukiman Eks Transmigrasi Di Desa Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img]
Preview
PDF (KONVERSI LAHAN USAHA TANAMAN PANGAN KE PERKEBUNAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (studi Kasus Pemukiman Eks Transmigrasi Di Desa Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592Kb) | Preview

Abstract

Banyak penelitian menunjukkan bahwa transmigrasi umum pola usaha tani lahan kering kurang dapat meningkatkan kesejahteraan para transmigran, misalnya di Barambai Kalimantan (Oekanto, 1997), di Sumatera Selatan dan Riau (Parsudi, 1997), di Lampung (M irfan, 1995) menunjukkan bahwa pada umumnya produktivitas tanaman pangan di lahan pemukiman transmigrasi relative rendah. Kondisi sistem pertanian lahan kering yang demikian menyebabkan petani berusaha melakukan berbagai tindakan guna meminimalkan resiko dan menjamin tercukupinya kebutuhan keluarga dengan mengusahakan berbagai jenis usaha tani. Berubahnya orientasi usahatani dapat dimaklumi karena tujuan untuk meningkatkan pendapatan merupakan konsekuensi dari semakin meningkatnya kebutuhan hidup petani bersama keluarganya. Dengan demikian, tidaklah mengherankan apabila petani cenderung memilih jenis tanaman yang laku di pasar sehingga dapat memberikan penghasilan dan keuntungan yang lebih tinggi (Antara,2004).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:28
Last Modified: 11 Oct 2011 04:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item