Repository Universitas Andalas

Perilaku Memilih Perempuan Etnis Batak pada Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Pasaman Barat

Sitorus, Frentina (2008) Perilaku Memilih Perempuan Etnis Batak pada Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Pasaman Barat. Other thesis, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Perilaku Memilih Perempuan Etnis Batak pada Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Pasaman Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (575Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat keberadaan hubungan antara ketaatan seorang perempuan etnis Batak dalam beragama, kepeduliannya terhadap ikatan marga, serta pengaruh tokoh adat dalam dirinya dengan perilaku memilih pada Pemilu Legislatif 2009. Penelitian yang berlokasi di tiga kecamatan ini yaitu tiga kecamatan dengan penduduk etnis Batak terbanyak dari sebelas yaitu kecamatan Kinali, kecamatan Luhak Nan Duo dan kecamatan Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sementara data yang ada terbagi menjadi dua yaitu data primer, yang diperoleh dari kuesioner dan data sekunder diperoleh dari LSM, Gereja, pemerintah kabupaten Pasaman Barat,dll. Hasil temuan data kemudian diolah kedalam SPSS 15.00 dan dianalisa dengan menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi. Temuan data menunjukkan bahwa responden merupakan kelompok perempuan yang taat dalam beragama, begitu peduli dengan ikatan marga sekaligus menilai bahwa pengaruh tokoh adat begitu kuat dalam kehidupan masyarakat Batak. Sementara hubungan yang terbentuk dengan perilaku memilih menunjukkan hubungan yang kuat pada variabel kepedulian terhadap ikatan marga dan pengaruh ikatan marga. Sementara untuk ketaatan beragama ternyata menunjukkan hubungan yang tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:53
Last Modified: 10 Oct 2011 07:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14953

Actions (login required)

View Item View Item