Repository Universitas Andalas

STUDI PEMBUATAN MINUMAN DARI DAGING DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera) DENGAN PENAMBAHAN PENSTABIL TERHADAP MUTU PRODUK

Efrina, Efrina (2008) STUDI PEMBUATAN MINUMAN DARI DAGING DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera) DENGAN PENAMBAHAN PENSTABIL TERHADAP MUTU PRODUK. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (STUDI PEMBUATAN MINUMAN DARI DAGING DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera) DENGAN PENAMBAHAN PENSTABIL TERHADAP MUTU PRODUK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang "Studi Pembuatan Minuman dari Daging Daun Lidah Buaya (Aloe vera) dengan Penambahan Penstabil Terhadap Mutu Produk" telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas pada bulan Mei sampai Juni 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan jenis dan konsentrasi penstabil terhadap sifat fisik, kimia, dan organoleptik minuman yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor 2 ulangan. Faktor pertama (A) merupakan jenis penstabil yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1 Gum xanthan, A2 CMC dan faktor kedua (B) yaitu konsentrasi penambahan penstabil yang terdiri dari 2 taraf yaitu B1 1% dan B2 2%. Data yang diperoleh dianalisis keragamannya jika berbeda nyata terhadap data tersebut dilakukan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Analisa dilakukan terhadap kadar serat kasar, pH, total padatan, kadar gula, tingkat kejernihan, kekentalan (viskositas), angka lempeng total dan uji organoleptik. Dari hasil penelitian didapatkan produk terbaik pada perlakuan A1B2 (CMC : konsentrasi 1%) dengan kadar serat kasar (1,38%), pH (4,73), total padatan (51,66%), kadar gula (6,9%), tingkat kejernihan (0,25), kekentalan (0,35 dPa.S) dan angka lempeng total (berkisar dari 2,2x10^2 sampai 4,6x10^2).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:51
Last Modified: 03 Oct 2011 09:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item