Repository Universitas Andalas

EVALUASI KINERJA BALAI PENYULUIIAN PERTANIAN (BPP) DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK (Studi Kasus : BPP Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang)

RAHMADANI, RINA (2008) EVALUASI KINERJA BALAI PENYULUIIAN PERTANIAN (BPP) DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK (Studi Kasus : BPP Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang). Masters thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI KINERJA BALAI PENYULUIIAN PERTANIAN (BPP) DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK (Studi Kasus : BPP Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengevaluasi kinerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menerapkan pertanian organik , (2) Mengukur dan mengetahui keterlibatan penyuluh dalam melaksanakan tugas penyuluh terhadap pengembangan pertanian organik. (3) Mengidentifikasi permasalahan petani dan kebutuhan penyuluhan pertanian. Penelitian dilaksanakan di BPP Ganting Kenagarian Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode studi kasus dengan teknik pengambilan sampel secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kinerja BPP dalam pengembangan pertanian organik adalah baik dengan persentase (75,32 %). Ini dapat dilihat dari kegiatan organisasi yang dilakukan BPP dalam administrasi dan kesekretariatan, program penyuluhan dan pelaksanaan rapat anggota. Sedangkan keterlibatan penyuluh dalam melaksanakan tugas penyuluh terhadap pengembangan pertanian organik adalah tinggi (89,52 %). lni terlihat dari tugas yang dilakukan oleh penyuluh yaitu mengunjungi petani, memberikan pelatihan, mengikuti SLPO, membuat pestisida nabati dan laporan pelaksana kegiatan pertanian organik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:51
Last Modified: 06 Oct 2011 07:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item