Repository Universitas Andalas

Analisis Potensi Ekonomi Kota Pagar Alam dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Pembangunan

Dimyati, Laili (2008) Analisis Potensi Ekonomi Kota Pagar Alam dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Pembangunan. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Analisis Potensi Ekonomi Kota Pagar Alam dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Pembangunan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (568Kb) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tolak ukur adanya pembangunan ekonomi dalam meningkatkan pendapatan, kesempatan kerjq dan kemakmuran masyarakat di suatu daerah. Dalam usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah perlu diketahui terlebih dahulu sumber daya atau potensi daerah yang dapat diharapkan berkembang secara optimal. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui potensi ekonomi dan faktor-faktor penentu pertumbuhan ekonomi daerah serta implikasinya terhadap perencanaan pembangunan Kota Pagar Alam selama tahun 20M sampai tahun 2008. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hoduk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pagar Alam tahun 2004 hingga tahun 2008. Data tersebut diperoleh dari survei sekunder, yaitu dengan memanfaatkan data yang telah tersedia pada instansi terkait. Sedangkan analisis dalam tesis ini adalah analisis Locotion Quotient (LQ dan analisis Shirt Share, yang digunakan untuk mengetahui potensi ekonomi atau sekfor-sektor unggulan dan falrtor-faktor utama yang menentukan pertumbuhan ekonomi Kota Pagar Alam. Hasil penelitian menggunakan rnetode LQ menunjukkan ada lima sektor memiliki indeks LQ > I dan merupakan sektor basis atau unggul yang dapat diandalkan dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Sektor-sekfor tersebut adalah sektor pertanian dengan indeks koefisien lokasi sebesar 2.059, sektor jasa- jasa sebesar 1.830, sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan sebesar 1.594, seldor perdagangan, hotel dan restoran seb�sar 1.567 dan sektor bangunan sebesar 1.521.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:51
Last Modified: 04 Oct 2011 02:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item