Repository Universitas Andalas

IDENTIFIKASI PEMETAAN LAHAN KRITIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN SOLOK

Zulkarnaen, Silvy (2008) IDENTIFIKASI PEMETAAN LAHAN KRITIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI PEMETAAN LAHAN KRITIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN SOLOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (767Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Identifikasi Pemetaan Lahan Kritis Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Solok", telah dilaksanakan di Kabupaten Solok dari bulan Januari 2010 hingga Mei 2010. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi secara spasial lahan kritis di Kabupaten Solok dan mengembangkan pengolahan data spasial (spasial database) lahan kritis untuk kemudahan dalam penyajian informasi. Aspek yang ditinjau dalam penelitian ini berupa kondisi tutupan lahan, kemiringan lereng, tingkat bahaya erosi, produktivitas, manajemen dan singkapan batuan untuk mengetahui tingkat kekritisan lahan di Kabupaten Solok. Untuk mengatasi permasalahan lahan kritis melalui Sistem Informasi Geografis (GIS) dengan metode skoring sesuai dengan SK Dirjen RRL No.041/Kpts/V/1998. Analisis tingkat kekritisan lahan menunjukkan bahwa Kabupaten Solok didominasi oleh lahan-lahan yang tergolong agak kritis (AK) dengan luasan lebih kurang 164.612 ha atau 51,8% dari total luas kabupaten. Lahan agak kritis ini berada pada kawasan hutan konservasi. Lahan-lahan ini akan berubah menjadi kritis apabila penggunaan lahan berubah (non hutan). Lahan lainnya yang cukup luas adalah lahan tergolong potensial kritis (PK) mencapai lebih kurang 97.752 ha atau 30,8%. Lahan tergolong kritis (K) mencapai lebih kurang 25.037 ha (8%),lahan tidak kritis (TK) seluas lebih kurang 22.639 ha (7%), sedangkan lahan sangat kritis (SK) lebih kurang 1.120 ha atau 0,4% dari luas kabupaten. Berdasarkan analisis penyebab lahan kritis di daerah penelitian adalah bahan induk tanah yang peka terhadap erosi, kurangnya penerapan teknik konservasi tanah dan bentuk wilayah yang umumnya berbukit sampai bergunung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:46
Last Modified: 12 Oct 2011 02:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14969

Actions (login required)

View Item View Item