Repository Universitas Andalas

Ekstraksi Pigmen Antosianin Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L.) dan Aplikasinya Pada Pangan

Violalita, Fidela (2008) Ekstraksi Pigmen Antosianin Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L.) dan Aplikasinya Pada Pangan. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Ekstraksi Pigmen Antosianin Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L.) dan Aplikasinya Pada Pangan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (562Kb) | Preview

Abstract

Salah satu tamanan yang berpotensial sebagai sumber pigmen antosianin adalah buah senduduk (Melastoma malabathricum L.). Melostoma berasal dari bahasa Yunani yang artinya mulut hitam. Buah dari senduduk dapat diklasifikasikan sebagai beri dan ketika masak, buah akan merekah dalam beberapa bagian, berwarna ungu tua berasa manis sedikit pahit dan memiliki biji berwama oranye. Buahnya dapat dimakan dan apabila dimakan akan meninggalkan warna hitam pada lidah (wong, 2008). Menurut Prohati (2010) buah dali senduduk biasanya dijadikan sebagai pewarna kain dan tikar' penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas Padang pada Bulan Juni sampai dengan Agustus 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis asam dan konsentrasi asam terbaik dalam ekstraksi antosianin buah senduduk, mengetahui cara penyediaan dan persiapan buah senduduk dalam eksfaksi dan menentukan pengaplikasian pigmen antosianin buah senduduk pada pangan' Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Faktorial 2x5 dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:47
Last Modified: 04 Oct 2011 06:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item