Repository Universitas Andalas

Kebutuhan Investasi dan Strategi Pengembangan Bidang Usaha Subsektor Industri Pangan Basis di Kota Payakumbuh

Hendriani, Riva (2008) Kebutuhan Investasi dan Strategi Pengembangan Bidang Usaha Subsektor Industri Pangan Basis di Kota Payakumbuh. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Kebutuhan Investasi dan Strategi Pengembangan Bidang Usaha Subsektor Industri Pangan Basis di Kota Payakumbuh) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (612Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penentuan seklor unggulan di suatu wilayah, agar kegiatan pembangunan difokuskan pada pengembangan sektor dan komoditi yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif. Penelitian ini mengkaji keunggulan subsektor industri pangan di Kota Payakumbuh karena unit usaha dan serapan tenaga kerja paling banyak dibandingkan subse*tor industri lainnya. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi basis dan non basis bidang usaha subsektor industri pangan di Kota Payakumbuh tahun 2008; (2) Menganalisis besarnya kebutuhan investasi bidang usaha subsektor industri pangan basis di Kota Payakumbuh periode 2009-2013, (3) Merumuskan strategi pengembangan bidang usaha subsektor industri pangan basis utama di Kota Payakumbuh. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan (April - Mei 2010). Untuk mencapai tujuan penelitian pertama dan kedu4 digunakan formula-formula ekonomi regional LQ dan ICOR. Data yang digunakan bersumber pada dokumen-dokumen yang tersebar di berbagai instansi pemerintah Kota Payakumbuh dan Provinsi Sumatera Barat. Untuk mencapai tujuan penelitian ketig4 metode yang digunakan adalah kualitatif. Analisa SWOT digunakan untuk menemukan strategi pengembangan bidang usaha industri pangan basis utama berdasarkan data dan informasi dari informan. Informan kunci adalah pejabat terkait di Pemerintah Kota Payakumbuh, Pihak Perbankan Kota Payakumbuh, bidang usaha subseklor industri pangan basis utama di Kota Payakumbuh, serta pejabat terkait Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:46
Last Modified: 05 Oct 2011 03:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item