Repository Universitas Andalas

Pembuatan Precipitated calcium carbonate (pcc) dari Batu Kapur dengan Metoda Reutitization (Alif's Method)

Tanjung, Susanti Triana (2008) Pembuatan Precipitated calcium carbonate (pcc) dari Batu Kapur dengan Metoda Reutitization (Alif's Method). Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Pembuatan Precipitated calcium carbonate (pcc) dari Batu Kapur dengan Metoda Reutitization (Alif's Method)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (658Kb) | Preview

Abstract

Pemanfaatan batu kapur di Sumbar saat ini masih terbatas penggunaannya. Penggunaan batu kapur yang diolah secara tradisional secara umum tidak dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk meningkatkan nilai tambah produk batu kapur, yaitu dengan mengolahnya menjadi produk yang lebih berdaya guna dalam industri seperti GCC (Ground calcium carbonate) ataupun Precipitated calcium Carbonate (pCC) yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Saat ini PCC dapat disintesis melalui tiga metod4 yaitu metoda solvay, kaustik soda, dan karbonasi, yang melibatkan berbagai proses dan reaksi kinria seperti kalsinasi, hidrasi dan karbonasi atau proses larutan Proses pembuatan PCC yang efektif, sederhan4 wakfu pembuatan yang relatif singkat, serta penggunaan bahan kimia yang relatif murah sangat untuk menghemat biaya produksi" pada penelitian ini metode pembuatan PCC yang digunakan adalah metoda reutilization (Alif's Method), yang menggunakan larutan asarn klorida (HCl) sebagai pelarut batu kapur alam untuk menghasilkan pereaksi kalsium klorida (CaCl2) dan larutan natrium hidroksida (NaOlD sebagai bahan baku pembuatan pereaksi naaftm karbonat (Na2CO3), dimana NazCO: dihasilkan dari reaksi antaralarutan NaOH dengan gas co2 (hasil sampingan dmi reaksi batu kaprn dengan HCI). Kemudian kedua produk hasil reaksi ini direaksikan kembali untuk mendapatkan produk pCC target, sedangkan produk sampingan berupa garam natrium Horida (Nacl) dapat dimanfaatkan untuk bidang perikanan ataupun dimumikan menjadi garam dapur, sehingga tidak ada pereaksi atau hasil reaksi yang terbuang percuma. sampel batu kapur diambil dari daerah Halaban Kab. 50 Kota prov. Sumbar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 24 Jun 2011 23:46
Last Modified: 04 Oct 2011 06:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item