Repository Universitas Andalas

PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN ANTOSIANIN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor)

Putra, Arif Rahman (2008) PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN ANTOSIANIN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN ANTOSIANIN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (596Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Konsentrasi Asam Sitrat terhadap Karakteristik Pigmen Antosianin Bayam Merah (Amaranthus tricolor)" telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, pada bulan Desember 2009 sampai Februari 2010. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi dan menentukan konsentasi asam sitrat yang paling sesuai dalam proses ekstraksi bayam merah. Mengetahui stabilitas pigmen antosianin bayam merah dan menentukan konsentrasi ekstrak pigmen antosianin bayam merah terhadap sirup belimbing wuluh. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu 3%, 4%, 5%, 6%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam, jika berbeda nyata dilanjutkan dengan Uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Kemudian dilakukan pengamatan terhadap konsentrasi antosianin, rendemen antosianin, derajat keasaman, sisa pelarut, stabilitas antosianin dan uji organoleptik yang meliputi warna, rasa dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi asam sirat tidak berpengaruh nyata terhadap konsentrasi dan derajat keasaman tetapi berpengaruh nyata terhadap rendemen dan sisa pelarut. Konsentasi asam sitrat 5% merupakan perlakuan terbaik dengan konsentrasi antosianin 0.13%, rendemen 71.03%, derajat keasaman (pH) 2.19 dan sisa pelarut 4.88%. Antosianin stabil pada pH 5 dengan suhu 10'C dan ruang gelap selama 8 hari. Sirup belimbing wuluh dengan perlakuan C merupakan produk terbaik dengan penilaian warna, aroma, rasa paling dominan disukai panelis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:27
Last Modified: 10 Oct 2011 08:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item